Pengalaman Magang di Instansi Pemerintah, Bagaimana Rasanya ? (Jilid II)

Setelah melihat bagaimana latar belakang dari instansi tersebut, selanjutnya kita beranjak ke jilid II. Pada jilid ke II ini penulis berfokus pada pengalaman kegiatan selama dua bulan. 


kegiatan PKL atau Magang ini dimulai pada tanggal 1 agustus 2022 seperti biasa bagaimana ketika kita berada di tempat baru, hal pertama yang dilakukan adalah pengenalan dan adaptasi bagaimana kegiatan dari kantor itu sendiri, penyerahan mahasiswa ke masing-masing bidang dan mentor. penulis sendiri mendapat di bagian bidang pengembangan perdagangan dan mendapatkan pekerjaan untuk membantu seksi Penggunaan dan Pemasaran Produk dalam Negeri. Tugas atau Pekerjaan pokok yang dilakukan pada seksi ini yaitu melaksanakan kegiatan promosi produk  ocia/ unggulan daerah, Penyediaan data dan informasi produk  ocia/ unggulan daerah serta pelaku usaha  ocial perdagangan (pelaku usaha mikro kecil menengah  ocial perdagangan), Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menyusun laporan kegiatan seksi penggunaan dan pemasaran produk dalam Negeri. 

 
 

Seiring waktu, penulis mulai mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, menjalin komunikasi intens, beretika baik dan rutin melaksanakan tugas-tugas yang diberikan atau diarahkan. Sebelum memulai pekerjaan, seluruh pegawai melaksanakan apel pagi di lapangan, setelah itu kembali ke ruangan untuk menyelesaikan tugas maupun kewajibannya masing-masing. Proses kerja yang dilakukan selama ditempatkan pada Bidang Pengembangan Perdagangan, yaitu:
1. Mendampingi dan turut andil dalam kegiatan pameran
Melakukan pendataan UKM yang akan berpartisipasi dalam kegiatan pameran dan Turun ke lapangan untuk melakukan pendataan maupun pemantauan (monitoring) tempat dan total penjualan masing-masing.
2. Turut hadir dan ikut serta dalam undangan yang diberikan oleh pelaku festival
Selain mengadakan event tersendiri, selaku dinas yang menaungi industri pengembangan perdagangan tentunya mempunyai pelaku usaha binaan yang dibina oleh Seksi Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Buleleng. Hal ini tentu banyak pelaku-pelaku pameran juga ingin mengajak binaan Seksi Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Buleleng untuk turut andil dan berpartisipasi dalam pameran tersebut, dan sudah menjadi kewajiban untuk saling berkordinasi dengan pelaku UKM binaan untuk berpartisipasi.
Selain membantu pekerjaan pada seksi ini, penulis juga dapat membantu hal-hal lain seperti turut membantu pengerjaan tugas lain, seperti menuliskan nota, mengerjakan PowerPoint, mengecap dan meng-print file, mengantar berkas dokumen, menghadiri kegiatan zoom meeting, Membantu Meng-upload “Kertas Kerja Harga Barang Kebutuhan Pokok, Membantu Mengerjakan “Laporan Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah”, dan lainnya.

Dari pengalaman diatas bahwa, nyaman atau tidaknya susasana kerja tergantung bagaimana kita beradaptasi terhadap lingkungan kerja. setiap instansi atau tempat kerja punya caranya masing-masing dalam membangun suasana kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIMANA YA RASANYA PKL?

KISAH PKL DI BIDANG PP